Mengajar di Negeri Orang

Saat ini saya sedang rehat dari MPRK dan mengajar di Program Applied Conflict Transformation Studies pada lembaga Centre for Peace and Conflict Studies di Siem Reap, Kamboja. Program ini merupakan sebuah program S2 yang ditujukan untuk para praktisi perdamaian dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Mahasiswa-mahasiswa saya berasal dari berbagai negara, diantaranya Kepulauan Solomon, Papua Nugini, Filipina, Kamboja, Myanmar, India, Nepal, dan Afghanistan.

Hal menarik yang saya dapatkan selama mengajar di sini adalah saya bertemu dan belajar dari para penggiat perdamaian yang terlibat langsung di lapangan. Informasi mengenai konflik dan inisiatif perdamaian yang ada di daerah mereka masing-masing saya dapatkan dari tangan pertama. Sangat menarik belajar mengenai inisiatif-inisiatif perdamaian yang mereka lakukan dan membandingkannya satu sama lain karena saya bisa melihat keragaman inisiatif perdamaian yang mereka lakukan sesuai dengan konteksnya.

Untuk tugas akhir, di sini para mahasiswa diminta membuat action research. Dalam action research, mahasiswa membuat satu rencana intervensi perdamaian yang berkaitan dengan kerja perdamaian mereka saat ini, kemudian mengimplementasikan di lapangan, dan menuliskan laporannya sebagai tugas akhir. Pengalaman mengajar di sini saya harapkan bisa menjadi salah satu masukan bagi pengembangan program MPRK di masa depan.

Dody Wibowo

Staf pengajar MPRK yang sedang menjadi dosen tamu di Program Applied Conflict Transformation Studies, Centre for Peace and Conflict Studies, Kamboja